6 April 2010

Gempa Chile 8.8 SR Ubah Sumbu Rotasi Bumi


Astaga! Seberapa besar adalah 8,8 magnitudo gempa di Chile? Salah satu ilmuwan mengatakan gemetar mungkin telah mempengaruhi seluruh planet dengan menggeser Bumi pada porosnya. Ini mungkin memperpendek panjang setiap hari di Bumi sekitar 1,26 mikrodetik. Menggunakan model kompleks JPL penelitian ilmuwan Richard Gross menghitung bagaimana rotasi bumi harus diubah sebagai hasil dari 27 Desember 2010 gempa Februari lalu. Jika angka itu benar, gempa memindahkan angka sumbu Bumi (sumbu tentang yang itu massa Bumi seimbang) sebesar 2,7 milliarcseconds (sekitar 8 cm, atau 3 inci).

Sumbu angka bumi adalah tidak sama dengan poros utara-selatan, mereka diimbangi oleh sekitar 10 meter (sekitar 33 kaki).Sebagai perbandingan, Gross mengatakan model yang sama diperkirakan besarnya gempa bumi Sumatera 2004 9,1 skala richter seharusnya memperpendek panjang hari sebesar 6,8 mikrodetik dan menggeser sumbu Bumi sebesar 2,32 milliarcseconds (sekitar 7 cm, atau 2,76 inci).

Gross mengatakan bahwa meskipun gempa Chili jauh lebih kecil daripada gempa Sumatera, diperkirakan telah berubah posisi sumbu sosok dengan sedikit lebih karena dua alasan. Pertama, tidak seperti gempa bumi, Sumatera 2004 yang terletak di dekat khatulistiwa, gempa Chili 2010 terletak di-bumi lintang pertengahan, yang membuatnya lebih efektif dalam pergeseran sumbu gambar Bumi.

Kedua,kefatalan yang bertanggung jawab untuk gempa Chiliean ke Bumi adalah sudut yang sedikit lebih curam daripada kesalahan yang bertanggung jawab untuk gempa bumi Sumatera 2004. Hal ini membuat kesalahan Chile lebih efektif dalam menggerakkan massa Bumi secara vertikal dan karenanya lebih efektif dalam pergeseran sumbu gambar Bumi.

Gross mengatakan prediksi Chile kemungkinan akan berubah sebagai data pada gempa yang lebih halus.

0 komentar:

:hi :-) :*) :ok :s) :D :o) :thx
:B) :)) J:) :-J :x :(( :| :(
:iq :# :? #-o :@ J:P :o :-o

Tertarik Dengan Emoticon di Atas? Klik DI SINI

Komentar Anda Sangat Berguna Bagi Blog Ini. Please Post Comment

Related Post

 

Followers

Profile

Foto saya
Saya hanyalah anak laki-laki biasa yang ingin eksis di dunia asal tidak narsis

Link Exchange

Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan linkback kembali

Photobucket

Subscribe

Jika ingin mendapat update dari blog ini, silakan isi alamat email Anda di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Recent Visitors

Info - Kita - Bersama Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template